Penyusunan KLHS RPJMD: Permendagri Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pembuatan Pelaksanaan KLHS Dalam Penyusunan RPJMD

Pembangunan Berkelanjutan adalah upaya sadar dan terencana yang memadukan dimensi lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi ke dalam strategi pembangunan untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

Karena itu, Pemerintah Daerah harus membuat dan melaksanakan KLHS RPJMD untuk mewujudkan RPJMD yang sesuai dengan prinsip berkelanjutan. KLHS RPJMD adalah Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Menengah Daerah, yaitu analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke dalam dokumen RPJMD. KLHS RPJMD menjadi pertimbangan dalam perumusan kebijakan rencana pembangunan daerah dalam RPJMD.

Download: Permendagri Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pembuatan Pelaksanaan KLHS Dalam Penyusunan RPJMD atau dari halaman ini.

.

.

Format ringkasan eksekutif KLHS RPJMD adalah seperti gambar di atas. Ringkasan Eksekutif itu memuat pokok-pokok pikiran analisis kondisi umum daerah, analisis kondisi daya dukung dan daya tampung, analisis kondisi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, analisis kontribusi pemerintah dan non pemerintah, skenario pembangunan berkelanjutan, isu strategis, permasalahan, dan sasaran strategis daerah, serta dilampiri dengan tabel yang memuat ringkasan kajian dan rumusan skenario pembangunan berkelanjutan.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.